Header AD

Kenali Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi

Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi

Mempunyai tubuh yang tinggi memang impian setiap orang. Sejak kecil setiap orang tua telah memberikan makanan nutrien yang seimbang untuk mendukung pertumbuhan anak dengan baik. Tetapi, bagaimana jika keadaan anak tidak juga bertumbuh dengan baik?

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh dr. Munaidi Sp KFR, Spesialis Kedokteran Fizik dan Penempatan di Devisi Rehabilitasi Doktro Hospital Sakit Ibu dan Anak Bandar Aceh, ada enam faktor penyebab pertumbuhan yang menjadikan seorang anak tinggi atau tidak iaitu:

Pertama
Pemakanan. Kekurangan pemakanan akan memperlambatkan pertumbuhan ketinggian anak. Pemakanan yang paling penting pada pertumbuhan tulang adalah vitamin D, kalsium dan fosforus. Disamping itu kekurangan Iodine dan zat besi juga dapat mengganggu pertumbuhan tulang.

Kedua
Tidur. Penghasilan hormon pituitary (hormon pertumbuhan) terjadi ketika anak sedang tidur. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang anak. Bayi memerlukan waktu tidur selama 20 jam, anak 2-6 bulan membutuhkan 15-18 jam, anak 6-8 bulan memerlukan 13-15 jam, anak 18 bulan - 3 tahun memerlukan 12-13 jam, anak 3-7 tahun memerlukan waktu 11- 12 jam.

Ketiga
Olahraga. Olahraga sangat merangsang pertumbuhan tulang. Pada saat otot mengecut, otot akan menarik hujung otot yang melekat pada tulang sehingga memberi rangsangan pada jaringan tulang yang menebal, kuat dan besar. Sebaliknya jika olahraga jarang dilakukan, jaringan tulang akan tipis, lemah dan mengecil. Olahraga yang disarankan untuk pertumbuhan tulang adalah olahraga yang menanggung berat badan seperti berlari dan melompat.

Keempat
Penyakit. Banyak penyakit yang mempengaruhi pertumbuhan tulang. Terutama penyakit kronik (lama) dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi anak.

Kelima
Faktor keturunan. Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi anak. Anak yang mempunyai orang tua atau anggota keluaraga yang pendek, cenderung mempunyai anak yang tidak begitu tinggi.

Keenam
Jenis kelamin. Anak laki-laki biasanya lebih tinggi daripada anak perempuan. Menurut penelitian hal ini boleh disebabkan oleh hormon dan biasanya aktiviti anak laki-laki lebih tinggi jika dibandingkan dengan anak perempuan.

Kenali Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi Kenali Penyebab Anak Tidak Tumbuh Tinggi Reviewed by Adslah Admin on 7:40:00 AM Rating: 5

Post AD